Saturday 23 April 2016

Mengembalikan Akun Game Clash Of Clans yang Hilang/Terhapus (Lost Village)

Selamat datang sobat di blog saya ini,
Postingan kali ini tentang game Clash Of Clans

Mungkin sobat yang membaca postingan ini sedang mengalami kesulitan untuk mengembalikan desa atau akun game Clash Of Clans sobat yang hilang atau terhapus (Lost Village). Lost village atau hilangnya akun game Clash Of Clans biasanya disebabkan karena akun game tidak terkoneksi ke Akun Google Play Game pada Android atau Game Center pada Iphone, akun game di hack orang lain, Ponsel (Smartphone) rusak dan proses menghapus data (Factory Reset) pada ponsel
(Smartphone). Adapun langkah-langkah mengembalikan akun game Clash Of Clans saya bagi menjadi 2 tahap yaitu :

1. Meminta Link Kode dari Supercell Team

Link Kode adalah kumpulan huruf atau kombinasi huruf dan angka yang unik dan merupakan jembatan kita menuju ke akun kita yang hilang tersebut dan hanya Supercell yang bisa memberikan Link Kode tersebut. Adapun langkah-langkah mendapatkan Link Kode sebagai berikut :
  • Buka aplikasi game Clash Of Clans (Sebaiknya sobat harus punya akun yang lain agar ikon settings bisa muncul, kalau tidak punya akun yang lain bisa pinjam akun game teman atau buat akun game yang baru sampai ikon settings muncul. Namun, saya sarankan sobat lebih baik membuat akun baru agar bisa digunakan untuk mengembalikan akun nantinya).
  • Pertama-tama pantau akun game sobat lewat akun baru atau akun teman sobat tersebut untuk melihat profilnya (Username,Clan Name,TH, dan XP level) lalu catat di kertas, ini jika sobat lupa dengan profil akun sobat yang hilang tersebut. Namun jika sobat masih ingat lewati langkah ini.
  • Klik Settings (Ikon 3 roda gigi letaknya di sebelah kanan bawah dan di atas ikon Shop).
  • Klik Help And Support (Letaknya di sebelah kiri bawah). Tunggu beberapa saat sampai muncul beberapa menu dari help and support.
    Untuk lebih jelasnya lihat Disini>>
  • Klik atau pilih Lost Village.
  • Klik pertanyaan I Lost Village! How do I get it back ? 
  • Bacalah petunjuknya kalau sobat jago bahasa inggris.. haha. Tapi intinya ada pada point :
  • Please be sure to include the following information :
    1. Exact Username and Clan Name of your lost Village.
    2. Exact Town Hall level of your lost village.
    3. Exact XP level of your lost Village.
    4. Explain how you lost the Village.
    Artinya Supercell meminta kita mengirimkan data-data dari akun game tersebut seperti Username,Clan Name, Town Hall Level, XP Level, dan penjelasan bagaimana kita kehilangan akun game kita.
  • Hubungi Supercell Team. Menghubungi Supercell dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu : 
    1. Langsung lewat aplikasi game Clash Of Clans untuk versi yang lama namun setelah update maret 2016 lalu sudah tidak tersedia, 
    2. Lewat email ke clashofclans.feedback@supercell.com atau
    3. Lewat situs Supercell http://supr.cl/Support4Clash  lalu isi form contact us
  • Kirim data-data akun game sobat ke Supercell
  • Sebagai contoh misalnya akun game sobat yang hilang datanya sebagai berikut 
    Usernamenya : Wizard 
    Nama Clannya : Indo Clan
    TH: 8 
    Xp Level : 86 
    Jadi yang sobat kirimkan ke supercell sebagai berikut 
    1. Exact Username : Wizard 
        Exact Clan Name : Indo Clan 
    2. Exact Town hall Level : 8 
    3. Exact Xp Level : 86 
    4. I lost my village because I have factory reset my device and my village can’t connecting to Google Play. 
    Namun, apabila akun sobat tidak punya clan sobat bisa menuliskan : " I didn’t join any clan when I lost my village”. Setelah data tersebut terkirim, Supercell akan mencari dan mencocokkan data tersebut pada database mereka dan tunggu sampai supercell membalas pesan sobat.
  • Saat supercell membalas pesan sobat, supercell akan memberikan beberapa pertanyaan keamanan untuk membuktikan apakah sobat adalah pemilik sesungguhnya dari akun tersebut. Beberapa pertanyaan yang sering diberikan yaitu : 
    1. When (Time and Date)did you last play your account (artinya waktu dan tanggal sobat terakhir kali memainkan akun game yang hilang tersebut). 
    2. When (Month & Years) and where (City & Country) did you create your account (artinya dimana dan kapan sobat membuat akun tersebut). 
    3. What device do you use to play your account ? Please list all, and specify model (artinya merek dan tipe handphone yang sobat gunakan untuk memainkan akun game tersebut, pertanyaan ini bisanya dijawab dengan format Merek Perangkat (Tipe Perangkat) misalnya : Samsung Galaxy Note II (GT-N700). 
    4. If you ever ordered gems on this account, attach a full copy of the iTunes or Google Play Store receipt for your first gem order ever.(artinya jika sobat pernah beli gems sobat diminta memberikan bukti penerimaan gems dari iTunes untuk pengguna iPhone atau Google Play Store untuk Android. Namun, jika sobat tidak pernah beli jawab saja belum pernah beli gems).
  • 5. First your Account name (artinya username saat pertama kali sobat membuat akun game tersebut. Pertanyaan ini muncul apabila sobat pernah mengganti username dari akun game tersebut).

    Contoh jawaban dari pertanyaan di atas : 
    1. I have last play this account about 01 March 2015 at 09.30 AM Central Indonesia Time. 
    2. I created this game about March 2014 in Bandung, Indonesia. 
    3. I played my account on Samsung Galaxy Note II (GT-N700). 
    4. Since I played this game, I never order any gems. 
    5. First name of my account is Barbarian.
    Jika sobat mengalami kesulitan atau pertanyaannya yang diberikan berbeda, sobat bisa menggunakan google translate untuk mengartikan pertanyaan atau jawaban sobat.
  • Jika sobat menjawab pertanyaan tersebut dengan benar maka supercell akan membalas pesan sobat dengan memberikan Link Kode (link kode biasanya berbentuk kumpulan huruf atau gabungan angka dan huruf,misalnya : “cvhfgdgdfjdjj”). Namun jika sobat memberikan jawaban yang salah maka supercell akan membalas pesan sobat dengan menyatakan bahwa terjadi ketidak sesuian antara jawaban dan data pada database supercell.
2. Mengembalikan akun game

Jika Link kode sudah didapatkan saatnya kita mengembalikan akun game kita ke ponsel atau smartphone kita. Untuk mengembalikan akun, perangkat yang digunakan harus mendukung Game Center atau Google Play Games. Adapun caranya sebagai berikut :
  • Siapkan email google atau akun google atau ID Game Center yang baru  (artinya belum pernah di koneksikan dengan akun game clash of clans manapun), tujuannya agar bisa digunakan dengan akun game baru. Login atau Sign in ke email tersebut di perangkat yang akan digunakan untuk mengembalikan akun.
  • Buat akun game baru atau sobat bisa mengunakan akun game yang sobat buat tadi pada langkah di atas ( saya sarankan sobat menggunakan akun baru karena akun baru tersebut nantinya akan ditimpah oleh akun yang hilang atau akun pada link kode sehingga akun baru tersebut akan terhapus, jadi lebih baik gunakan akun baru atau akun yang tidak terpakai).
  • Pertama-tama sobat hubungkan atau koneksikan akun tersebut ke Google Play atau Game Center.( Klik Settings à Google Play Sign-In à Pilih akun)
  • Setelah game reload dan masuk, Klik Settings.
  • Klik Devices (Link a Device).
  • Pilih atau Klik This is the New Device.
  • Masukkan Link Kode yang diberikan Supercell. Saat memasukkan kode, jangan heran jika kode huruf yang dimasukkan ada beberapa yang otomatis berubah menjadi huruf kapital.
  • Klik Tanda Centang (√).
  • Selanjutnya akan muncul profil dari akun yang hilang tersebut, klik saja tanda setuju. Maka akun sobat yang hilang akan kembali dan sudah terkoneksi ke Google Play atau Game Center.
Itulah langkah-langkah mengembalikan akun Clash of Clans yang hilang. Selanjutnya saya akan berbagi tips agar Supercell cepat membalas pesan atau email kita. Caranya :
Saat sobat sudah mengirim email atau pesan namun belum dibalas kirim beberapa pesan permohonan agar Supercell cepat membalas, Contohnya :
"I hope, you can reply my message soon"
"Please reply my message soon"
"I know you very busy but please reply my message" 

Dalam beberapa jam, pasti supercell akan membalas pesan atau email sobat. 
Jika sobat mendapat masalah yang lain atau perlu bantuan yang lain, saya sarankan sobat kunjungi dan bergabung di Forum Supercell Clash Of Clans. Sobat bisa mendapatkan informasi update dan maintenance break dan sobat bisa mendaftarkan sebuah akun untuk membuat pertanyaan di sana dan nanti akan dijawab oleh  beberapa gamer yang berpengalaman maupun karyawan atau staf Supercell.

Demikian postingan saya kali ini, jangan lupa tinggalkan komentar atau share postingan ini.

31 comments:

  1. Gan klo akun lama sudah tertimpa yg baru bisa gk gan.tolong balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan.. asalkan sudah dapat link codenya apapun bisa.. mau timpa akun baru dengan akun lama bisa.. atau akun lama dibuatkan akun google baru juga bisa..

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Maaf gan mau tanya nih. Apakah harus kita memakai email baru setelah supercell mengirimkan kode tsb. Apa tidak bermasalah pada desa yang akan dimuat setelah kita kehilangan desa.

    Misalnya nih ya, alamat email pertama pembuatan game: 123@gmail.com yang hilang tsb. Dan di gantikan alamat email baru: abc@gmail.com untuk memuat desa/TH kita yang hilang dihp kita.

    Maaf gan nih, banyak tanya soalnya TH saya udah gede takut desa saya tidak dapat kembali/dimuat dihp saya.

    Emang agan pernah kehilangan desa dan mempraktekan cara yang agan berikan itu gan ?

    Sebelum dan sesudah saya ucapkan terima kasih. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo akun coc agan sudah dikoneksikan ke akun google, agan cukup gunakan akun google agan aja untuk aksesnya..
      klo misalnya agan lupa password email akun google agan ganti aja dengan yang baru..
      Cara diatas pernah saya coba pada 2 akun teman saya..

      Delete
    2. Oh, jadi gak masalah ya gan, kalo desa sih udah dikoneksikan dari pertama main game coc dgn google play game.

      Kalo password saya mah, gak lupa gan.

      Delete
  4. Hallo juragan ane nunggu jawabanya loh gan. :D

    ReplyDelete
  5. kok dak Bisa kak Saya Sudah Jawab Banar Tapi Tidak Ada Linknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau supercell belum kasih link codenya berarti jawabannya ada yang salah..

      Delete
  6. Gan kenapa nih...link kode coc saya cmn bisa disatu hp,,tidak bisa dimasukkan kehp lain, dan akun lama saya yg tertimpa hilang!

    Tolong bantuannya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau agan udah dapat linknya saya sarankan buat akun google yang baru... main dari awal dulu.. terus koneksikan ke google akun yg baru dibuat... terus timpa pakai link tadi...

      kalau akun lama yang tertimpa... ya ulangi langkah diatas supaya dapat link untuk akun lama itu..

      Delete
  7. Assalamu'alaikum .. gan mau tanya nih, akun th 9 ku dulu ko rubah jadi th 1 lagi ? .. kayanya ketimpa itu, bantu saya balikin akunnya lagi gan, tolong . terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketimpa gimana gan ? udah connect ke akun google play game ?
      minta link code ke supercell gan..

      Delete
  8. Gan kalo kodenya kadaluarsa gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh minta tolong gan coalnya ku lagi kesulitan ni dgn coc ku

      Delete
    2. Boleh minta tolong gan coalnya ku lagi kesulitan ni dgn coc ku

      Delete
    3. Boleh minta tolong gan

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. gini gan akun saya gak bisa sign ke google play, waktu itu saya klik myccount.google.com lalu saya pilih situs yang terhubung kemudian gw pilih hapus akses coc..nah setelah gw mau ganti akun coc malah gak bisa masuk ..terus gimana kembalinya ?

    ReplyDelete
  11. Saya uda dapat kembali akun th 8 saya lewat cara diatas namun saya masih ada satu akun th 10 bisa kah saya melakukannya untuk kedua kalinya

    ReplyDelete
  12. Kalo profile game nya ke hapus gimana ya soalnya udah th11 udah ampir max, masalahnya itu akun dapet beli :(

    ReplyDelete
  13. Hi! Thanks for the great information you havr provided! You have touched on crucuial points!
    shooting-games

    ReplyDelete
  14. gi mana law profil akun coc ke hapus gan...

    ReplyDelete
  15. Gan, gmma cra mengatasi akun coc yang terkunci. Saya tidak tau dri mna mendapatkan kode pembuka untuk memulihkan akun yang terkunci

    ReplyDelete
  16. Gan biasa nya lama ga dapat link nya. Sehari atau sbrpa lama

    ReplyDelete
  17. Kira kira bisa berapa hari bang Yudi saya udah kawan tepat sekali karena akun saya terkunci, saya sudah hubungi melalui aplikasi/langsung dari game nya tapi supercel belom membalas nya ! Bagaimana pendapat bang Yudi

    ReplyDelete
  18. Gan ada cara gak ngembaliin akun yang di banned permanen ?

    ReplyDelete
  19. biasanya berapa hari supercell membalas? gua gadapet jawaban²nya

    ReplyDelete